Dia bagaikan Anak Bagi Kami (Siamang)

"Si Coki dah seperti anak bagi bu nurma tu, sangat berbeda dengan wanita lainnya hampir semua peliharaannya sangat dia sayangi, dengan kucing juga dia berbicara layaknya manusia apa lagi dengan si Coki"
Coki adalah nama pemberian dari keluarga Pak Hasan kepadan siamang jenis tangan putih
# # # #

Keluarga Pak Hasan bersama isterinya Bu Nurma merupakan keluarga petani di Gunong cut di Aceh Barat Daya. Sehari harinya keluarga ini menjalani rutnitas sebagai petani di kaki gunung untuk mencukupi nafkah untuk anak anaknya yang masih menduduki bangku sekolah menengah atas di kabupaten yang berjuluki Nanggroe Breuh Sigupai.

Pak Hasan dan Bu Nurma becengkrama dengan coki sembari mengoles beda kepada si Coki
Namun ada yang beda dari keluarga lainya didesa tersebut, warga juga sudah terbiasa dengan pemandangan yang jarang terlihat di desa manapun. Kegiatan aneh tersebut terlihat bila siang hari dimana keluarga Pak hasan terutama isterinya sedang duduk berdua dengan Coki.

# # # #

Coki merupakan pemberian sebuah nama kepada   satwa langka dari jenis primata atau biasa disebut dengan siamang. Entah apa gerangan bu Nurma memberikan panggilan kepada siamnga tersebut dengan nama coki.

Si coki dan Bu Nurma duduk bersama di depan teras rumah
Awalnya Bu Nurma mendapati si Coki dalam keadaan sakit dihutan data masih bayi tujuh tahun silam saat bu Nurma pulang dari gunung, bu Nurma mendapati Coki tanpa induknya. Tidak ada niat untuk mengambil  dan memelihara namun dengan kondisi coki dalam keadaan sakit terpaksa membawa pulang kerumah untuk diobati daripada mati hal itu yang terbesit dari hati bu Nurma.

Semua kembali kepada Penguasa langit dan Bumi dengan segala keesaan Nya, Coki kian hari kian menjadi seekor Siamang layaknya siamang lainnya. Pernah sesekali bu Nurma melepaskan si Coki ke hutan dimana tempat coki di dapati.

Home sweet home Coki
“Setelah dua hari coki balik ke ibu pas ibu lagi pulang dari gunung, dia peluk nggak lepas lepas sambil teriak seolah olah dia minta pulang kerumah, Sudah sampai dirumah nggak keluar keluar selama dua hari.”

Bu Nurma sudah berkali kali melepaskan si Coki ke hutan untuk mengembalikan kehabitatnya namun Coki berkali kali juga balik kerumah kepada ibu dalam keadaan ketakutan.

# # # #

Si Coki lagi disisir oleh bu Nurma
Coki kian hari kian tumbuh bersama keluarga manusianya, Coki tinggal di kandang kayu berukuran 1 x 1 meter disamping rumah bu Nurma. setiap harinya coki selalu dibersihkan oleh bu Nurma dengan cara menyikat bulu di halaman rumah dan memberikan bedak. terkadang bu Nurma berbicara kepada Coki seperti menegur jangan nakal atau lainnya.

namun bu Nurma menyadari akan insting hewan dari si Coki, bukan rasa bersalah namun menyayangkan nasib si Coki jika tinggal bersama bu nurma selamanya. niat hati memang ada untuk melepaskan si Coki namun bu Nurma niatnya sis sia dengan takut coki mati di hutan.

selain itu juga si coki bagaikan anak bagi pak Hasan dan bu Nurma, selama tujuh tahun menjalani waktu bersama berbagi kasih sayang selayaknya kepada si coki, begitu juga coki telah menganggap keluarga tersebut seperti keluarganya.

Si Coki dihantar pulang kekandang oleh Pak Hasan
Cerita ini sedikit tidak lengkap dan kurang sempurna untuk dibaca, namun saya mencoba menulis seadanya saja, akhir januari saya berkunjung ke sebuah desa di kabupaten Aceh Barat Daya dan melihat sendiri kebenaran hewan jenis primata ini tinggal dengan berbagi kasih sayang dengan sebuah keluarga.

Memang betul adanya, awalnya saya sedikit terharu namun saya harus menyadari sebaik apapun kisah tetapi harus di ambil sisi baiknya saja. seperti kisah bu Numa ini memang baik secara positif untuk kita ambil hikmahnya, bagaimana tidak saling menjaga dan mengasihi sesama makhluk  ciptaan Allah. namun kita harus kembali lagi pada hakikatnya, hewan jenis primata lebih berguna hidup dihutan dibandingkan dengan manusia, untuk keberlangsungan rantai alam kedepannya.


Dia bagaikan Anak Bagi Kami (Siamang) Dia bagaikan Anak Bagi Kami (Siamang) Reviewed by Mimi Saputra on February 18, 2018 Rating: 5
Powered by Blogger.