Potrait Masjid Rahmatullah

Masjid Rahmatullah


Masjid Rahmatullah diresmikan untuk pertama kalinya pada 12 September 1997 oleh Gubernur Aceh saat itu Prof. Syamsudin Mahmud. Dibalik kemegahannya, masjid ini menjadi saksi kedahsyatan gelombang Tsunami yang meluluh lantakkan Aceh pada 2004 silam. 


Masjid Tampak dari depan
Masjid Rahmatullah menjadi satu-satunya bangunan yang tersisa yang masih berdiri kokoh setelah tsunami menerpa perkampungan tersebut di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Mesti dekat dengan Pesisir namun hanya masjid Rahmatullah berdiri tegap selebihnya datar dengan tanah. Dari 6000 jiwa yang menduduki di sana hanya sekitar 700 warga yang selamat.

Masjid Rahmatullah tampak dari samping kanan

Kubah Masjid Rahmatullah

Kubah Utama Masjid Rahmatullah. 
Note : saat saya mengambil foto, warga setempat memberi tahu setinggi apa air yang menerjang kampung turki tersebut hanya dengan menunjukkan tanda ujung kubah yang bengkok. "Jika kamu mau tahu setinggi apa air Tsunami saat itu, coba kamu lihat ujung kubah masjid yg bengkok itu, setinggi itu lah air tsunami kemarin." 


Pemandangan dari atas Masjid Rahmatullah

Pemandangan dari atas Masjid Rahmatullah
Masjid Rahmatulllah menjadi tempat pembelajaran bagi umat muslim, sebagian bangunan sengaja ditinggal seperti saat tsunami menerjang, hal tersebut dilakukan untuk mengingat kekuasaan Allah SWT dan menjadi peringatan akan kekuasaannya.  


Mesjid Rahmatullah dari dalam, sebagian bangunan yang rusak dibiarkan sebagai pengingat. 

Porak poranda bangunan saat diterjang Tsunami.

Porak poranda dan puing puing seolah bercerita akan dasyatnya Tsunami waktu itu.

Terumbu karang menghiasi lantai mesjid, bukti air tsunami menerjang

Photo Masjid sesudah Tsunami terpajang didalam mesjid.


Photo masjid sesudah Tsunami

Photo dari udara.
Semoga menjadi pelajaran untuk menambahkan iman kita kepada Allah atas kekuasaanNya dan kebesaranNya. 
إِنَّ اللَّهَ يُمْسِكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ أَنْ تَزُولَا وَلَئِنْ زَالَتَا إِنْ أَمْسَكَهُمَا مِنْ أَحَدٍ مِنْ بَعْدِهِ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا
“Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap; dan sungguh jika keduanya akan lenyap tidak ada seorang pun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.” (QS:Faathir | Ayat: 41).


Potrait Masjid Rahmatullah Potrait Masjid Rahmatullah Reviewed by Mimi Saputra on January 14, 2018 Rating: 5
Powered by Blogger.