Skip to main content

Minum Kopi Sambil Belajar Kopi

Cerita kali ini tentang membuat dan menikmati kopi dengan teknik V60 untuk pertama kali dalam sepanjang perjalanan seruput kopi. Sore itu bermula dari percakapan di Whatsaps (WA) sama sahabat saya, namanya Aldie pada hari pertama dibulan Oktober 2017.

Aldie : Dimana ?
saya   : Dijalan ni, lu dimana ?
Aldie : Di Wkwk Land ni !
saya   : Dimana tu tempat ?
Aldie : Di bundaran kota Blangpidie.
saya   : Oke gua kesana skrg !

Dengan kecepatan 40 kmh/jam saya mengendarai sepeda motor dijalan kota blangpidie, namun saat menuju kelokasi yang dikasih tahu sama sikawan, ada yang menjanggal dipikiran dan bertanya sendiri didalam hati.

 "Wkwk land ? Tempat apa tu ?!" umpat dalam hati.

Kurang dari 10 menit saya sudah sampai di bundaran Kota Blangpidie, dalam kebingungan saya masih melirik kawasan sekitar karena belum tahu dimana lokasi yang dimaksud tadi. Dari kejauhan terdengar teriakkan nama saya dari sudut jalan Asrama TNI Kodim 0110 Abdya.

"Enda......woiii, Nda"

Saya langsung menoleh ke arah kiri jalan, rupanya suara aldie terdengar sangat keras terdengar, yang sudah duduk santai dengan kursi malas warna orange sambil melambai lambaikan tangan seperti banci ke arah saya. tanpa babibu langsung saja saya menghampirinya.

# # #

Wkwk land ?

Nama ini adalah nama coffee shop di Aceh Barat Daya yaitu Wkwkland Coffee Shop, coffee Shop pertama kali dengan menyajikan kopi murni (tanpa gula) dan dengan beberapa teknik, mulai dari V60, Vietnam Drip, French Press. ada beberapa jenis bean kopi juga yang disediain, ada Kopi Gayo, Karo, Dolok Sanggul, Mandailing, Simalungun dan beberapa bean kopi lainnya.

Sempat kaget awal kedatangan saya ketempat Wkwkland, saat Aldie menunjukkan siapa siapa Baristanya, Rupanya senior semasa sekolah dahulu. Saya ingat betul rupa dari senior yang satu ini, mirip seperti vokalis band Gigi. Ya, barista di Wkwk bernama Ferdi, biasa saya sapa bang ferdi., beliau sudah beberapa tahun jadi barista sekaligus menerpa ilmu juga di perantauan sana (jawa).

Ferdi (baristanya Wkwk land skrg) saat jadi barista dulu
 # # #

Sejak kapan Aldie minum kopi ?
Bukannya dari SMA sudah berhenti ngopi ya ?
Kesambet apa ni anak ?
Bodo amat lah !!!

Banyak pertanyaan yang muncul saat melihat Aldie dengan segelas kopi ala Vietnam drip, sudah lama kawan saya yang satu ini berhenti minum kopi, terhitung 8 tahun sudah tidak minum kopi, beda dengan kali ini sambil mengupas kacang dan rokok ditangan dia langsung saja mengambil gelas kopi vietnam drip utnuk diminum. Luar biasa perkembangannya sikawan ni

"Woi jangan bengong lagi, pesen sana kopinya" kata si Aldie

Hendak memesan kopi saya melihat dulu menu yang ditawarkan Wkwk land ini, setelah itu Saya mencoba kopi simalunggun (V60) pada bang Ferdi. karna ini pertama kalinya melihat pembuatan kopi v60 saya langsung saja mengandingkan tangan istri kedua, yaitu kamera DSLR kesayangan,  untuk mengabadikan bang ferdi dana cara pembuatan kopi simalungun yang saya pesan.

ferdi  : Nda, ni abg buatin yang gmana ni, yang berasa asamnya atau pahit ni ?

saya   : Belum tahu ni bang yang gimana, tapi simalungun enaknya gimana bang ?

ferdi  : Nggak tahu juga, simalungun tu enak asamnya gitu, kalau pahitnya kurang dapet !

saya   : Oke bang, hajar aja.....izin dijepret ya bang.

ferdi  : Hajar aja.....

saya   : Bang, ajarin dikit dong cara buatin kopinya yang simple

ferdi  : Liat aja ni kopi simalungun buat Nda.

Setelah memuaskan hasrat ini, saya meminta kepada bang ferdi untuk memberikan satu tips membuat kopi teknik V60. tanpa keberatan bang ferdi memberikan tips mebuat kopi kepada saya yang sangat sederhana.

# # #

Tips buat kopi sederhana teknik V60 ala Ferdi

Cara membuat kopi teknik V60 sederhana untuk bisa dibuiat dirumah ataupun untuk pemula menjadi barista. 

Simalungun V60
Peralatan yang dibutuhkan mulai dari Biji Kopi, Grinder, Pipaper filter, Ketel, Termometer, Timer dan Timbangan. 

Ferdi menyiapin alat & bahan
Ketel termometerna & timbangan kopi 
Panaskan air sampai suhunya 80-85 C, untuk banyaknya air dan kopi itu bang ferdi menyarakan formula umum saja, yaitu rasio 1:15.

Biji kopi simalungun
Mesin grinder
Grinder biji kopinya sedang (medium) saja jangan terlalu halus jangan terlalu kasar juga. salah dalam mengrinder biji kopi akan berdampak pada rasa kopinya nanti saat diminum.

membasahi paper filternya terdahulu
jangan lupa tuang bubuk setelah paper filter dibilas tadi.
Basahkan paper filternya dengan air secukupnya saja, sesudah itu tuang bubuk kopi sudah digrinder. untuk selanjutnya ada proses blooming (blooming adalah untuk melepaskan oksigen, agar tidak kembung saat meminum kopi).

lagi proses blooming.
Finishing V60 ni, tuang air yang sudah diukur
Dalam proses  Blooming, kopi ditunggu selama 20 detik, setelah itu tuang dengan agak memutar kekopi. Untuk finishing kita tunggu air kopinya mengendap kebawah. kalau sudah terkumpul jangan dilihat saja, siapin gelas untuk kopi simalungun teknik V60. Siap diseruput kawan !

menunggu air kopinya mengendap kebawah
Simalungun siap diseruput kawan.

# # #

Sudah pukul 17:55 WIB, tidak terasa kami sudah lama berbincang-bincang bersama bang ferdi, aldie dan bang yani tentang dunia kopi, mulai dari rasa kopi, aroma, khas dan kenikmatan kopi. Dari beberapa hal topik yang kami bahas ada satu kutipan yang menarik untuk diambil dari barista satu ini, yaitu :

"Kopi tu tidak pernah salah, yang salah orang meminumnya. ibarat milih cewek, sudah tahu itu bukan selera, ngapain dipaksain. Begitu juga kopi, mesti cari karakter kopi sendiri agar bisa menikmati dia itu dengan sebaik-baiknya layaknya cewek"

Nah, bagi kalian yang minum kopi dengan teknik ini kalian bisa mencobanya dirumah atau datang saja kesini ke Aceh, kenapa ke Aceh ? karena Aceh merupakan salah satu rumahnya kopi nusantara ini, dengan julukan seribu warung kopi dan dimana kalian akan bisa menikmati kopi dimanapun kamu suka. sekian dulu dari saya tentang kopi  kedepannya saya mencoba menceritakan tentang kopi lainnya. wassalam

Comments

Popular posts from this blog

Ini Kunci Menjadi Freelance Foto !!!

Di era milenial untuk mencari "suap nasi" atau sebuah lapangan pekerjaan seperti mencari jarum ditumpukan jerami. bahkan banyak pengangguran bertitel sarjana hebat menjadi pengangguran, coba kamu banyangkan saja setiap tahunnya ribuan sarjana disetiap Universitas atau Sekolah Perguruan Tinggi melepaskan kandidat kandit sarjana mereka dari berbagai keahlian yang dimiliki untuk bersaing didunia luar sana. Mau tidak mau kamu dituntut mempunyai keahlian atau skill yang mumpuni di era milenial ini, belum lagi nepotisme yang terjadi dinegeri yang kita cintai ini, emang kamu punya sanak family pejabat atau pengusaha ? Nah, Freelance menjadi pekerjaan sampingan yang sangat trend dikalangan milenial. Buat kamu yang ada skill di berbagai bidang tertentu, namun kali ini saya sedikit menjelaskan lowongan atau pekerjaan sampingan untuk tambahan uang kamu dengan keahlian menjadi freelance foto. Adapun yang harus anda miliki jika ingin menjadi freelancer foto : 1. Kamera Ka

Freelance Foto ? Ini Tiga Tempat Jual beli Foto Online terbaik

Hobi fotography bukan bearti tidak punya banyak peluang, kamu punya stock foto bagus gunakan peluang foto tersebut untuk dijual menjual foto secara online agar bisa dapat dollar atau uang dari hasil hobi fotography. sekarang para klien ingin sebuah foto terkadang tidak butuh waktu untuk mencari sebuah foto, seperti perusahaan besar atau perusahaan apa saja ingin memiliki sebuah foto untuk komersil mereka, mereka hanya membelikan foto di situs fotografi. nah, adapun tempat atau situs untuk bisa kamu menjual foto dengan hasilnya lumayan saya rekomendasikan beberapa situs. 1. Shutterstock.com Shutterstock merupakan situs sangat populer untuk penjualan jual-beli foto online. kamu bisa mendapatkan pendapatan dari hasil foto antara 20% sampai 30% untuk setiap fotonya baik itu di download atau dibeli. Saran saya anda jualah foto yang memungkinkan untuk dijual, atau foto yang bagus yang sengkiranya banyak peminat yang akan membelinya atau mendownload. Makin banyak d

Mengenal Genre Photography Bagi Pemula

Hai, kawan Berbicara Photo tidak ada matinya, kita mencoba mengenal genre atau jenis photography kali ini. Untuk mengenal genre photo layaknya seperti kita mendengarkan musik, setiap orang berbeda genre atau jenis musik yang ingin didengarnya, begitu juga dengan dunia photography. adapun genre photography secara umum yang diketahui adalah Wildlife Photography (Alam liar) Wildlife  (Sebastião Salgado) Wildlife Photography jenis genre yang bertujuan untuk mengambil gambar kehidupan liar dengan segala aktivitas makhluknya. biasanya genre ini memiliki adrenalin yang tinggi dan mengunakan lensa tele, untuk mengambil gambar dari kejauhan seperti hewan sedang makan, berkelahi dan lain lainnya. Wildlife  (Sebastião Salgado) Landscape Photography (Pemandangan) Landscape (Sebastião Salgado)  Landscape Photography genre photo yang bertujuan untuk menunjukkan ruang dunia dalam luas area yang tidak terbatas maupun terbatas. biasa kita sering mengunakan landsacpe unt