Teknik Pengambilan Gambar Bagi Pemula



Teknik pengambilan gambar yaitu pengambilan gambar atau photo secara luas frame atau bingkai kepada subjek atau objek yang ingin kita ambil gambarnya. lebih mudah kita melihat frame itu apa bila ada objek atau subjek yang kita ambil didalam gambar tersebut, dari hal itu kita mengetahui frame atau bingkai apa saja yg kita ambil.

didalam pengambilan ada beberapa teknik atau juga frame, ada beberapa yang sangat mendasar kita ketahui dalam teknik pengambilan ataupun Thype of shot, yaitu :
Extreme Long Shot
Long Shot
Medium Shot
Close Up dan Extreme Close Up

Extreme Long Shot 
Teknik pengambilan Extreme Long Shot adalah teknik pengambilan gambar dengan mencakup sudut pandang yang sangat luas, tujuan dari teknik ini adalah selain menunjukkan lokasi hal lainnya juga untuk mengharmonikan subjek objek dan suasana lokasi.

Contoh dari Extreme Long Shot

Long Shot
Teknik pengambilan Long Shot adalah teknik pengambilan gambar dengan mencakup sudut pandang yang luas namun berbeda dengan extreme long shot, teknik ini lebih mempersempit lokasi dengan fokus subjek foto ataupun kegestur atau interaksi subjek dengan lokasi, tujuan dari teknik ini adalah menghidupkan subjek dengan interaksi suasana dilokasi.

Contoh Long Shot

Medium Shot  
Teknik pengambilan Medium Shot adalah teknik pengambilan gambar hanya berfokus kepada bahasa tubuh dan wajahnya subjek, begitu juga dengan objek. teknik ini diambil atau pemotongan frame dan bingkainya dengan takaran dari pinggang sampai dengan kepala. 

Contoh Medium Shot


Close Up
Teknik pengambilan gambar ini adalah teknik pengambilan dengan memfokuskan bingkai dan frame area kepala saja atau wajah (Mulai dari pundak sampai kekepala), dengan tujuan agar lebih menarik, selain itu juga lebih memperlihatkan mimik dan ekspresi dari wajah subjek baik itu sedih, senang, murung, senyum, dan mimik wajah lainnya agar telihat dramatis.

Contoh Close Up Shot

Extreme Close Up
Teknik pengambilan gambar ini adalah teknik pengambilan dengan memfokuskan bingkai dan frame salah satu bagian wajah (Mata, bibir, hidung).

Contoh Extreme Close Up Shot




Picture source : kelas fotografi
Teknik Pengambilan Gambar Bagi Pemula Teknik Pengambilan Gambar Bagi Pemula Reviewed by Mimi Saputra on July 06, 2017 Rating: 5
Powered by Blogger.