Skip to main content

Mengenal Kamera Bagi Pemula





Seperti biasa, saya mencoba berbagi sedikit ilmu tentang photography, sebelum terlalu jauh saya mahu berbagi mulai dari dasar saja dulu. Kali ini saya bahas tentang kamera kepada kalian, menurut kalian sendiri apa itu kamera ?

Mungkin saya sudah berikan arti kamera secara singkat, sekarang kita kupas secara perlahan apa arti kamera, kamera merupakan sebuah alat untuk merekam cahaya. Kenapa perekam cahaya karena Photography berbicara tentang bagaimana kita melukis cahaya.

Sebagian orang mungkin kalau sudah menyebut kamera itu bakalan terbayang sebuah kamera Digital (Mirroless lah, DSLR lah, Pocket lah, Gopro lah, Camera Smarphone juga). Nah, mari kita rubah dulu sejenak persepsi kita tentang kamera agar kita faham apa itu kamera yang sebenarnya.

Kamera
Penamaan kamera di dapat dari kata Camera Obscura, Camera Obscura artinya "ruang gelap", kamera pertama didunia ini ditemukan seorang muslim Iraq yang bernama Al-haytham.

Cara kerjanya lebih dikenal dengan memproyeksi atau memantulkan sebuah objek yang ada diluar kedalam ruang gelap dengan gambar terbalik, hanya menampilkan tidak bisa untuk dicetak. kalau di Indonesia dikenal kamera ini dengan kamera lobang jarum.

Contoh Diagram Camera Obscura

Dalam dunia photography arti sebuah kamera adalam sebuah peranti untuk menangkap atau merekam sebuah cahaya dari objek dan dijadikan lembaran film atau lembaran foto dari refleksi objek yang diambil.

Seiring perkembangannya kamera berubah menjadi kamera yang kital kenal sekarang, namun pada hakikatnya ada beberapa dasar komponen kamera dahulu, yaitu :

1. Kotak kedap cahaya (badan kamera)
2. Lensa kamera
3. Pemantik potret atau dikenal Shutter 
4. Pemutar Film

Jika kita melihat berdasarkan mekanisme media penangkapan cahaya, maka kamera menjadi tiga jenis. yaitu :

Kamera film
kamera dengan Media penyimpanan atau penangkapan photo mengunakan film yang kalian kenal dengan klise didalam kamera (biasa berbentuk gulungan), Untuk mendapatkan sebuah photo kalian akan melalui proses cuci cetak dari film tersebut.





Kamera Polaroid
Kamera yang memakai penyimpanan atau pengankapannya mengunakan film polaroid atau film khusus yang bisa langsung mencetak foto langsung dibadan kamera, kamera ini tidak akan melalui proses cetak.



Kamera Digital
kamera yang mengunakan media penangkap dan penyimpan dengan mengunakan sensor dalam bentuk format digital atau media simpan digital.





Sekilas dulu tentang kamera, sampai disini kalian mungkin sudah faham apa itu kamera secara umumnya. dan itu akan membuat kalian lebih menghargai kamera mungkin kalian juga tahu jenis kamera yang kalian pakai. saya merekomendasi buat kalian untuk mengunakan kamera kamera digital untuk belajar jika kurang menantang kalian bisa mencoba kamera film atau polaroid (karena dengan dua kamera ini kalian akan terasa bagaimana menghargai sebuah foto, karna kalian tidak sebebas menekan shutter  seperti kamera digital) 

mungkin saya lebih banyak menulis tentang kamera digital ketimbang dengan kamera lainnya. biar kalian yang pemula bisa lebih asik mengunakan kamera kedepan dan mudah digunakan disetiap moment kalian. sekian dulu dari saya, Terimakasih.



Popular posts from this blog

Ini Kunci Menjadi Freelance Foto !!!

Di era milenial untuk mencari "suap nasi" atau sebuah lapangan pekerjaan seperti mencari jarum ditumpukan jerami. bahkan banyak pengangguran bertitel sarjana hebat menjadi pengangguran, coba kamu banyangkan saja setiap tahunnya ribuan sarjana disetiap Universitas atau Sekolah Perguruan Tinggi melepaskan kandidat kandit sarjana mereka dari berbagai keahlian yang dimiliki untuk bersaing didunia luar sana. Mau tidak mau kamu dituntut mempunyai keahlian atau skill yang mumpuni di era milenial ini, belum lagi nepotisme yang terjadi dinegeri yang kita cintai ini, emang kamu punya sanak family pejabat atau pengusaha ? Nah, Freelance menjadi pekerjaan sampingan yang sangat trend dikalangan milenial. Buat kamu yang ada skill di berbagai bidang tertentu, namun kali ini saya sedikit menjelaskan lowongan atau pekerjaan sampingan untuk tambahan uang kamu dengan keahlian menjadi freelance foto. Adapun yang harus anda miliki jika ingin menjadi freelancer foto : 1. Kamera Ka

Freelance Foto ? Ini Tiga Tempat Jual beli Foto Online terbaik

Hobi fotography bukan bearti tidak punya banyak peluang, kamu punya stock foto bagus gunakan peluang foto tersebut untuk dijual menjual foto secara online agar bisa dapat dollar atau uang dari hasil hobi fotography. sekarang para klien ingin sebuah foto terkadang tidak butuh waktu untuk mencari sebuah foto, seperti perusahaan besar atau perusahaan apa saja ingin memiliki sebuah foto untuk komersil mereka, mereka hanya membelikan foto di situs fotografi. nah, adapun tempat atau situs untuk bisa kamu menjual foto dengan hasilnya lumayan saya rekomendasikan beberapa situs. 1. Shutterstock.com Shutterstock merupakan situs sangat populer untuk penjualan jual-beli foto online. kamu bisa mendapatkan pendapatan dari hasil foto antara 20% sampai 30% untuk setiap fotonya baik itu di download atau dibeli. Saran saya anda jualah foto yang memungkinkan untuk dijual, atau foto yang bagus yang sengkiranya banyak peminat yang akan membelinya atau mendownload. Makin banyak d

Mengenal Genre Photography Bagi Pemula

Hai, kawan Berbicara Photo tidak ada matinya, kita mencoba mengenal genre atau jenis photography kali ini. Untuk mengenal genre photo layaknya seperti kita mendengarkan musik, setiap orang berbeda genre atau jenis musik yang ingin didengarnya, begitu juga dengan dunia photography. adapun genre photography secara umum yang diketahui adalah Wildlife Photography (Alam liar) Wildlife  (Sebastião Salgado) Wildlife Photography jenis genre yang bertujuan untuk mengambil gambar kehidupan liar dengan segala aktivitas makhluknya. biasanya genre ini memiliki adrenalin yang tinggi dan mengunakan lensa tele, untuk mengambil gambar dari kejauhan seperti hewan sedang makan, berkelahi dan lain lainnya. Wildlife  (Sebastião Salgado) Landscape Photography (Pemandangan) Landscape (Sebastião Salgado)  Landscape Photography genre photo yang bertujuan untuk menunjukkan ruang dunia dalam luas area yang tidak terbatas maupun terbatas. biasa kita sering mengunakan landsacpe unt