Mengenal Kamera Bagi Pemula





Seperti biasa, saya mencoba berbagi sedikit ilmu tentang photography, sebelum terlalu jauh saya mahu berbagi mulai dari dasar saja dulu. Kali ini saya bahas tentang kamera kepada kalian, menurut kalian sendiri apa itu kamera ?

Mungkin saya sudah berikan arti kamera secara singkat, sekarang kita kupas secara perlahan apa arti kamera, kamera merupakan sebuah alat untuk merekam cahaya. Kenapa perekam cahaya karena Photography berbicara tentang bagaimana kita melukis cahaya.

Sebagian orang mungkin kalau sudah menyebut kamera itu bakalan terbayang sebuah kamera Digital (Mirroless lah, DSLR lah, Pocket lah, Gopro lah, Camera Smarphone juga). Nah, mari kita rubah dulu sejenak persepsi kita tentang kamera agar kita faham apa itu kamera yang sebenarnya.

Kamera
Penamaan kamera di dapat dari kata Camera Obscura, Camera Obscura artinya "ruang gelap", kamera pertama didunia ini ditemukan seorang muslim Iraq yang bernama Al-haytham.

Cara kerjanya lebih dikenal dengan memproyeksi atau memantulkan sebuah objek yang ada diluar kedalam ruang gelap dengan gambar terbalik, hanya menampilkan tidak bisa untuk dicetak. kalau di Indonesia dikenal kamera ini dengan kamera lobang jarum.

Contoh Diagram Camera Obscura

Dalam dunia photography arti sebuah kamera adalam sebuah peranti untuk menangkap atau merekam sebuah cahaya dari objek dan dijadikan lembaran film atau lembaran foto dari refleksi objek yang diambil.

Seiring perkembangannya kamera berubah menjadi kamera yang kital kenal sekarang, namun pada hakikatnya ada beberapa dasar komponen kamera dahulu, yaitu :

1. Kotak kedap cahaya (badan kamera)
2. Lensa kamera
3. Pemantik potret atau dikenal Shutter 
4. Pemutar Film

Jika kita melihat berdasarkan mekanisme media penangkapan cahaya, maka kamera menjadi tiga jenis. yaitu :

Kamera film
kamera dengan Media penyimpanan atau penangkapan photo mengunakan film yang kalian kenal dengan klise didalam kamera (biasa berbentuk gulungan), Untuk mendapatkan sebuah photo kalian akan melalui proses cuci cetak dari film tersebut.





Kamera Polaroid
Kamera yang memakai penyimpanan atau pengankapannya mengunakan film polaroid atau film khusus yang bisa langsung mencetak foto langsung dibadan kamera, kamera ini tidak akan melalui proses cetak.



Kamera Digital
kamera yang mengunakan media penangkap dan penyimpan dengan mengunakan sensor dalam bentuk format digital atau media simpan digital.





Sekilas dulu tentang kamera, sampai disini kalian mungkin sudah faham apa itu kamera secara umumnya. dan itu akan membuat kalian lebih menghargai kamera mungkin kalian juga tahu jenis kamera yang kalian pakai. saya merekomendasi buat kalian untuk mengunakan kamera kamera digital untuk belajar jika kurang menantang kalian bisa mencoba kamera film atau polaroid (karena dengan dua kamera ini kalian akan terasa bagaimana menghargai sebuah foto, karna kalian tidak sebebas menekan shutter  seperti kamera digital) 

mungkin saya lebih banyak menulis tentang kamera digital ketimbang dengan kamera lainnya. biar kalian yang pemula bisa lebih asik mengunakan kamera kedepan dan mudah digunakan disetiap moment kalian. sekian dulu dari saya, Terimakasih.



Mengenal Kamera Bagi Pemula Mengenal Kamera Bagi Pemula Reviewed by Mimi Saputra on May 27, 2017 Rating: 5
Powered by Blogger.