Skip to main content

Mengenal Dunia Photography, Apa itu Photography ?



Bagi generasi Y atau anak dijaman millennials (generasi 1980-2000) mungkin sudah menjadi ketergantungan dengan satu kata ini "Photo". bagaimana tidak, karena sebagian sudah keharusan didalam kehidupannya sehari hari, selain untuk eksis, dokumentasi pribadi, ada juga menjadikannya sebagai profesi seperti saya sebagai jurnalist di media elektronik dan media massa.

Kenapa "photo' sangat melekat pada kita ?

Menurut saya sendiri "photo" merupakan suatu media komunikasi yang efektif dibandingkan dengan beberapa media komunikasi lainnya dan sangat memiliki efek langsung pada audience. kayak kalian tu yang suka selfie (Swafoto), secara tidak langsung kalian ingin menyampaikan sesuatu dari photo tersebut,


Contoh Swafoto saya dan para sahabat


Contohnya efektifnya komunikasi melalui photo secara langsung kepada audience namun kalian tidak menyangkanya, saat kalian selfie trus upload ke media sosial yang tak lain dan tak bukan dengan maksud ingin menunjukkan dirimu namun ada pesan lain lagi yang tersampaikan seperti tempat atau keberadaan, ganteng atau cantik, mimik dirimu dan lain lainnya.

*yang cewek2 biasa banget ni selfie mulu kayak minum obat tiga hari sekali, trus upload  photo satu dari seribu yang terbaik trus pengen banget dikatain :P

Disini saya mencoba berbagi ilmu tentang photography, mungkin akan berguna buat kalian yang pemula atau yang mahu belajar melukis dunia dengan cahaya.


Photography
Photography berasal dari kata Yunani yaitu "photos" yang artinya cahaya sedangkan "grafo" yang artinya melukis atau mengambar. jika mengabungkan arti dari dua kata tersebut ialah melukis dengan cahaya atau mengambar dengan cahaya.

Istilah yang umum dari photography yang kita ketahui ialah suatu proses atau cara menghasilkan gambar dari objek dengan merekam pantulan cahaya objek tersebut. karna photo dibuat dengan cahaya jika tidak ada cahaya maka tidak ada photo yang bisa dibuat.

Nah, kalian sudah pada tahu semua jika kamera adalah sebuah alat yang merekam cahaya, sebenarnya fungsingya layak cermin, akan tetapi cermin hanya menangkap sementara saja.

Ngomongin sebuah photo sangat membingungkan banyak arti, makna dan maksud, saya juga bingung terkadang, sejauh saya menyukai dunia photography sejatinya photo menurut para photographer dunia adalah sebuah photo bisa dikatakan sebuah gambar tunggal yang menceritakan. Sedangkan dari arti sebuah photo menurut lainnya orang hanya memperlihatkan.

semua tergantung kalian bagaimana memaknai sebuah photo tersebut, apa hanya sebatas memperlihatkan atau menceritakan !?!?!?


*Dan sampai saat ini saya masih mencari arti sebuah photo buat diri saya sendiri :)

Note :
Tapi saya ada rekomendasi buat kalian yang tertarik didunia Photography kalian bisa nonton film dokumenter "The salt of the earth", kisah seorang Photograper yang subjek film ini Sebastião Salgado. selain memberi ilmu dan wawasan dunia photo, film ini juga menginspirasi.

Sebastião Salgado.



Sekian dulu dari saya, terimakasih

Popular posts from this blog

Ini Kunci Menjadi Freelance Foto !!!

Di era milenial untuk mencari "suap nasi" atau sebuah lapangan pekerjaan seperti mencari jarum ditumpukan jerami. bahkan banyak pengangguran bertitel sarjana hebat menjadi pengangguran, coba kamu banyangkan saja setiap tahunnya ribuan sarjana disetiap Universitas atau Sekolah Perguruan Tinggi melepaskan kandidat kandit sarjana mereka dari berbagai keahlian yang dimiliki untuk bersaing didunia luar sana. Mau tidak mau kamu dituntut mempunyai keahlian atau skill yang mumpuni di era milenial ini, belum lagi nepotisme yang terjadi dinegeri yang kita cintai ini, emang kamu punya sanak family pejabat atau pengusaha ? Nah, Freelance menjadi pekerjaan sampingan yang sangat trend dikalangan milenial. Buat kamu yang ada skill di berbagai bidang tertentu, namun kali ini saya sedikit menjelaskan lowongan atau pekerjaan sampingan untuk tambahan uang kamu dengan keahlian menjadi freelance foto. Adapun yang harus anda miliki jika ingin menjadi freelancer foto : 1. Kamera Ka

Potrait Masjid Rahmatullah

Masjid Rahmatullah Masjid Rahmatullah diresmikan untuk pertama kalinya pada 12 September 1997 oleh Gubernur Aceh saat itu Prof. Syamsudin Mahmud. Dibalik kemegahannya, masjid ini menjadi saksi kedahsyatan gelombang Tsunami yang meluluh lantakkan Aceh pada 2004 silam.  Masjid Tampak dari depan Masjid Rahmatullah menjadi satu-satunya bangunan yang tersisa yang masih berdiri kokoh setelah tsunami menerpa perkampungan tersebut di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Mesti dekat dengan Pesisir namun hanya masjid Rahmatullah berdiri tegap selebihnya datar dengan tanah. Dari 6000 jiwa yang menduduki di sana h anya sekitar 700 warga yang selamat. Masjid Rahmatullah tampak dari samping kanan Kubah Masjid Rahmatullah Kubah Utama Masjid Rahmatullah.  Note : saat saya mengambil foto, warga setempat memberi tahu setinggi apa air yang menerjang kampung turki tersebut hanya dengan menunjukkan tanda ujung kubah yang bengkok. "Jika kamu mau tahu setinggi apa ai

Freelance Foto ? Ini Tiga Tempat Jual beli Foto Online terbaik

Hobi fotography bukan bearti tidak punya banyak peluang, kamu punya stock foto bagus gunakan peluang foto tersebut untuk dijual menjual foto secara online agar bisa dapat dollar atau uang dari hasil hobi fotography. sekarang para klien ingin sebuah foto terkadang tidak butuh waktu untuk mencari sebuah foto, seperti perusahaan besar atau perusahaan apa saja ingin memiliki sebuah foto untuk komersil mereka, mereka hanya membelikan foto di situs fotografi. nah, adapun tempat atau situs untuk bisa kamu menjual foto dengan hasilnya lumayan saya rekomendasikan beberapa situs. 1. Shutterstock.com Shutterstock merupakan situs sangat populer untuk penjualan jual-beli foto online. kamu bisa mendapatkan pendapatan dari hasil foto antara 20% sampai 30% untuk setiap fotonya baik itu di download atau dibeli. Saran saya anda jualah foto yang memungkinkan untuk dijual, atau foto yang bagus yang sengkiranya banyak peminat yang akan membelinya atau mendownload. Makin banyak d