Mengenal Dunia Photography, Apa itu Photography ?



Bagi generasi Y atau anak dijaman millennials (generasi 1980-2000) mungkin sudah menjadi ketergantungan dengan satu kata ini "Photo". bagaimana tidak, karena sebagian sudah keharusan didalam kehidupannya sehari hari, selain untuk eksis, dokumentasi pribadi, ada juga menjadikannya sebagai profesi seperti saya sebagai jurnalist di media elektronik dan media massa.

Kenapa "photo' sangat melekat pada kita ?

Menurut saya sendiri "photo" merupakan suatu media komunikasi yang efektif dibandingkan dengan beberapa media komunikasi lainnya dan sangat memiliki efek langsung pada audience. kayak kalian tu yang suka selfie (Swafoto), secara tidak langsung kalian ingin menyampaikan sesuatu dari photo tersebut,


Contoh Swafoto saya dan para sahabat


Contohnya efektifnya komunikasi melalui photo secara langsung kepada audience namun kalian tidak menyangkanya, saat kalian selfie trus upload ke media sosial yang tak lain dan tak bukan dengan maksud ingin menunjukkan dirimu namun ada pesan lain lagi yang tersampaikan seperti tempat atau keberadaan, ganteng atau cantik, mimik dirimu dan lain lainnya.

*yang cewek2 biasa banget ni selfie mulu kayak minum obat tiga hari sekali, trus upload  photo satu dari seribu yang terbaik trus pengen banget dikatain :P

Disini saya mencoba berbagi ilmu tentang photography, mungkin akan berguna buat kalian yang pemula atau yang mahu belajar melukis dunia dengan cahaya.


Photography
Photography berasal dari kata Yunani yaitu "photos" yang artinya cahaya sedangkan "grafo" yang artinya melukis atau mengambar. jika mengabungkan arti dari dua kata tersebut ialah melukis dengan cahaya atau mengambar dengan cahaya.

Istilah yang umum dari photography yang kita ketahui ialah suatu proses atau cara menghasilkan gambar dari objek dengan merekam pantulan cahaya objek tersebut. karna photo dibuat dengan cahaya jika tidak ada cahaya maka tidak ada photo yang bisa dibuat.

Nah, kalian sudah pada tahu semua jika kamera adalah sebuah alat yang merekam cahaya, sebenarnya fungsingya layak cermin, akan tetapi cermin hanya menangkap sementara saja.

Ngomongin sebuah photo sangat membingungkan banyak arti, makna dan maksud, saya juga bingung terkadang, sejauh saya menyukai dunia photography sejatinya photo menurut para photographer dunia adalah sebuah photo bisa dikatakan sebuah gambar tunggal yang menceritakan. Sedangkan dari arti sebuah photo menurut lainnya orang hanya memperlihatkan.

semua tergantung kalian bagaimana memaknai sebuah photo tersebut, apa hanya sebatas memperlihatkan atau menceritakan !?!?!?


*Dan sampai saat ini saya masih mencari arti sebuah photo buat diri saya sendiri :)

Note :
Tapi saya ada rekomendasi buat kalian yang tertarik didunia Photography kalian bisa nonton film dokumenter "The salt of the earth", kisah seorang Photograper yang subjek film ini SebastiĆ£o Salgado. selain memberi ilmu dan wawasan dunia photo, film ini juga menginspirasi.

SebastiĆ£o Salgado.



Sekian dulu dari saya, terimakasih
Mengenal Dunia Photography, Apa itu Photography ? Mengenal Dunia Photography, Apa itu Photography ? Reviewed by Mimi Saputra on May 22, 2017 Rating: 5
Powered by Blogger.