Keukarah, Penganan Adat dari Barat Selatan Aceh




Keukarah atau karah adalah penganan terbuat dari campuran tempung dan santan berbentuk lembing dengan ukuran yang bervariasi, ada yang kecil seukuran tangan orang dewasa ada yang sampai seukuran piring nasi. 

Kue ini adalah salah satu jajanan khas Aceh mirip serabut kelapat mulai warna dan teksturnya atau sarang burung yang terbuat dari jerami. Rasanya sangat gurih, renyah, manis, garing, dan rapuh. 

Kue Karah sangat khas bagi masyarakat Aceh, ada yang kurang bila penganan ini tidak ada dikala acara adat di Aceh khususnya Aceh Barat dan Nagan Raya. oleh karena itu kue ini sering dijumpai pada pernikahan sebagai hantaran atau pulangan dari pihak laki-laki kepada pihak perempuan begitu juga sebaliknya. 

Selain itu menjelang hari raya atau acara adat dan Kenduri Aceh,kue ini juga tak pernah absen dalam penyajian kudapan. menyambut tamu juga tak luput dari hidangan kue Karah.

Kue Karah bisa kamu dapati Aceh Barat, hampir sepanjang jalan sebelum memasuki kota Meulaboh, kamu pasti mendapati toko toko kecil yang menjual kue karah dan penganan kue khas aceh lainnya. 

Wikipedia 
Keukarah, Penganan Adat dari Barat Selatan Aceh Keukarah, Penganan Adat dari Barat Selatan Aceh Reviewed by Mimi Saputra on March 13, 2017 Rating: 5
Powered by Blogger.